Ribuan mobil baru diproduksi di Jerman setiap hari. Konsumen senang beli
produk Jerman yang dikenal berkualitas bagus. Salah satunya VW Käfer,
di Indonesia VW Kodok, yang jadi mobil "tua" tapi tetap laku dan
terkenal.
VW Kodok Cabrio
Saat ini sekitar 50.000 VW Kodok tercatat digunakan sehari-hari di
Jerman. Demikian keterangan badan lisensi kendaraan bermotor Jerman.
Model yang baru juga tampak di jalan-jalan. Sementara sejarah pembuatan
mobil ini dimulai tahun 1930-an, ketika NAZI berniat membuat mobil
rakyat (Volkswagen) yang bisa dibeli masyarakat luas.
Mulai Terkenal 1950-an
Walaupun mulai diproduksi tahun 1930-an, VW Kodok baru menerobos
pasar di tahun 1950-an. 25 November 1976, para tokoh VW bertemu untuk
memperingati ulang tahun pabrik Volkswagen di Wolfsburg, dan berfoto di
samping VW Kodok proto tipe 3 dari tahun 1948.
VW Kodok Tipe 1 Produksi 1953
Ferdinand Porsche sudah mulai mengembangkan VW Kodok di tahun 30-an.
Tapi sejarah kesuksesan mobil ini baru dimulai tahun 1950-an. Dalam
waktu singkat VW Kodok jadi lambang kualitas produk Jerman dan kemajuan
ekonomi. Karena sangat bisa diandalkan dan jarang bermasalah, mobil ini
jadi produk ekspor paling terkenal.
Tidak Mudah Rusak
Puncak pengembangan VW kodok di Jerman tercapai Agustus 1970,
tepatnya dengan publikasi model 1302. 17 Februari 1972, sebuah model
1302 S dengan warna metalik biru turun ke jalan-jalan Jerman. Mobil ini
mengalahkan Ford Modell T yang disebut Tin Lizzy, sebagai mobil yang
paling banyak dibeli di dunia saat itu.
VW Kodok dari Meksiko
sejak 1964 VW Kodok diproduksi di Meksiko. 1981 mobil ke-20 juta
diproduksi di sana. 2003 produksi di Meksiko dihentikan akibat tingginya
pencurian dan ketatnya peraturan polusi asap kendaraan. Foto: VW yang
memiliki karoseri spesial dan disebut "Hochzeitskäfer" (VW Kodok
pernikahan) dipamerkan di museum VW di Wolfsburg. Mobil ini dulunya
digunakan pegawai VW Meksiko pada hari pernikahan mereka.
VW Fusca: VW Kodok Produksi Brasil
Nama resmi di Brasil: VW Fusca. Mobil ini diekspor ke Brasil mulai
1950-an. Ketika pemerintah Brasil menetapkan peraturan impor yang ketat
tahun 1957, VW mulai memproduksi mobil di São Bernardo do Campo tahun
1959. Sesuai undang-undang, mobil yang diproduksi di Brasil, 54%
bagiannya harus menggunakan bahan dari Brasil. Foto: VW Kodok yang
terakhir diproduksi di Brasil.
VW Kodok di Kairo
Penggemar VW Kodok atau VW Käfer bisa ditemukan di berbagai negara.
Mereka memiliki fan club dan mengadakan acara-acara serta pertemuan
secara teratur. Misalnya di Kairo, Mesir. Foto: Sederetan VW Kodok tua
yang dipamerkan di Kairo.
Punya Penggemar di Iran
Walaupun produksi VW Kodok sudah lama dihentikan, pencinta mobil ini
masih ada di antara para penggemar mobil. Demikian halnya di Iran.
Pencinta VW Kodok di Iran mendirikan klub VW pertama di kawasan Timur
Tengah. Mereka bertemu secara teratur dan saling menukar pengalaman.
VW Beetle Dune
VW Kodok jenis terbaru ini dipamerkan pertama kali awal 2014. Bulan
Juli VW mengumumkan, Beetle Dune akan diproduksi dalam seri. 2016
produksi pertama akan dilemparkan ke pasaran. VW akan mengeluarkan model
dengan atap transparan, dan model cabrio.
____________________
Sumber : http://www.dw.de/vw-kodok-bertahan-di-jalanan/g-17824174
60 Tahun Volkswagen di Brasil
Kilas balik kisah sukses perusahaan otomotif Volkswagen atau VW di Brasil dalam gambar.
Awalnya Kecil
Pada 23 Maret 1953, 12 pekerja memulai tugasnya di pabrik São Paulo.
1953 sampai 1957 mereka merakit VW Kodok dan VW Kombi dalam gudang
kecil. Onderdilnya sebagian besar berasal dari Jerman. Itu bagian
pertama dari 20 juta mobil, "Volkswagen do Brasil" yang berhasil
diproduksi selama 60 tahun kemudian.
Pabrik Perdana
Pertengahan 1950-an di Jerman terjadi booming ekonomi dan di Brasil
industrialisasi. Tahun 1956 VW membangun pabrik mobil pertamanya di luar
Jerman, yakni di Sao Paulo. Tahun-tahun selanjutnya "VW Kombi" pertama
dilincurkan dari pabrik. Di Jerman dikenal VW bus ini dengan nama
"Bulli." Separuh sukucadangnya dibuat di Brasil.
Tembus Satu Juta
1970 "VW do Brasil" mulai mengekspor ke negara Amerika Latin lainnya.
Masih pada tahun yang sama, VW Brasil menembus rekor produksi
keseluruhan 1 juta. Dua tahun kemudian dirayakan VW kodok ke 1 juta.
Sudah matang waktunya untuk membangun pabrik kedua di Brasil, yang
diresmikan tahun 1976 juga di kota São Paulo.
Pahlawan Nasional VW Kodok
Lebih dari tiga juta VW Kodok diproduksi di Brasil. Juga salah satu
model VW paling sukses sepanjang masa. Model VW ini begitu digemari
sehingga para pecintanya kemudian sampai menetapkan "hari raya" tidak
resmi untuk itu. VW Kodok terakhir buatan pabrik Brasil dilansir 1986.
Kini mobil itu berada di Museum Volkswagen di Wolfsburg.
Reinkarnasi untuk Waktu Singkat
1993 VW Kodok di Brasil mengalami kebangkitan singkat. Atas usulan
Presiden Itamar Franco, pabrik VW di Brasil pada tahun 1993 sekali lagi
memproduksinya. Tapi waktu sudah berubah. Tipe yang dijuluki "Porsche
bulat" itu tidak mampu lagi bersaing dengan model-model baru. 1996 model
itu benar-benar menghilang dari program.
Bye, Bye VW Kombi
Nasib yang sama akhir 2013 juga mengancam VW Kombil. Tanpa sistem ABS
dan Airbags model itu tidak lagi memenuhi tuntutan keamanan aktual.
Tapi sampai ia menghilang dari jalanan di Brasil, masih akan butuh waktu
beberapa tahun. Sampai 2011 di Brasil seluruhnya diproduksi 1,5 juta
Bulli alias VW Kombi.
VW Model Klasik
Selama perjalanan sejarah perusahaan di Brasil, Volkswagen juga
menciptakan berbagai jenis model yang hanya dijual di sana dan di
Amerika Latin. Model VW pertama yang seluruhnya dirancang dan diproduksi
di Brasil adalah "Brasilia" dan diluncurkan tahun 1973 (gambar depan
kedua dari kiri).
Lahirnya Sebuah Bintang
Model mobil yang paling sukses diluncurkan oleh "Volkswagen do
Brasil" adalah Gol yang dilansir tahun 1980. Sebuah mobil kecil yang
khusus dikembangkan untuk Amerika Latin.
Nomor Satu Abadi
Sejak modernisasi pertama Gol sebenarnya mirip dengan VW Golf, tapi
jauh lebih kecil. 1987 ia menempati ranking puncak penjualan mobil di
Brasil, dan sampai kini tidak pernah tersaingi. 2012 jumlah produksinya
menembus angka 7 juta.
Kendaraan Gurun dari Brasil
Tidak hanya di Amerika Latin VW merayakan suksesnya. Sampai kini VW
Passat buatan pabrik di Brasil masih tampak menyusuri jalan-jalan di
Irak. Total 170 ribu model ini diekspor ke negara itu antara 1983-1988.
Di Irak mobil itu disebut "Brazili" karena di kaca belakang ditempeli
stiker "Made in Brazil".
Upaya Bersama Autolatina
Akhir 1980-an Brasil terpuruk dalam inflasi. Bisnis mobil macet.
Dalam kondisi darurat VW dan Ford melakukan fusi menjadi "Autolatina".
Hasilnya adalah Ford Versailles, yang merupakan varian lain dari VW
Santana. Setelah kondisi pasar kembali tenang, kedua perusahaan itu
berpisah kembali 1994.
Lebih Banyak Mesin
Pabrik VW ketiga dibuka 1996. Sebuah pabrik mesin. Tiga tahun
kemudian diikuti pabrik berikutnya. Dengan jumlah total pekerja 24.000
dan lima pabrik, Volkswagen tidak hanya merk mobil paling terkenal di
Brasil, tapi juga perusahaan otomotif dengan pekerja terbesar kedua di
Brasil setelah General Motors.
Pionir Teknik
"Volkswagen do Brasil" tidak hanya mengembangkan model sendiri, tapi
juga pengembangan teknologi yang mendorong pasar di sana. 2003 pabrik
cabang VW adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan
"Flex-Fuel-Modell". Sebuah mobil yang mesinnya digerakkan bahan bakar
alkohol, bensin biasa atau campuran dari kedua bahan bakar itu.
Unggul dengan Energi Air
Di tahun-tahun mendatang VW akan menaman investasi miliaran untuk
produk-produk baru dan pabriknya di Brasil. Termasuk juga PLTA kecil
kedua untuk memproduksi listrik. PLTA pertama dioperasikan tahun 2010.
Bersama-sama kedua instalasi itu diharapkan menutup 40 persen kebutuhan
energi "VW do Brasil".
Model Abadi
Setelah Cina, Brasil adalah pasar terbesar bagi Volkswagen. Tahun
2012 saja "VW do Brasil" menjual 768.395 unit mobil dan memproduksi
852.086 unit. Dengan demikian VW adalah produsen dan eksportir otomotif
terbesar negara itu. Tahun 2013 VW mulai dengan menampilkan cucu dari
kenalan lama. Novo Fusca bukanlan VW Beetle baru melainkan VW Kodok
baru.
____________________
Sumber : http://www.dw.de/60-tahun-volkswagen-di-brasil/g-16693400
Tidak ada komentar:
Posting Komentar