Senin, 25 Agustus 2014

(Cerita Penjuru Dunia) - VW Kodok Bertahan di Jalanan


Bildergalerie Brasilien 60 Jahre VW



Ribuan mobil baru diproduksi di Jerman setiap hari. Konsumen senang beli produk Jerman yang dikenal berkualitas bagus. Salah satunya VW Käfer, di Indonesia VW Kodok, yang jadi mobil "tua" tapi tetap laku dan terkenal.


 
VW Beetle Cabrio 

VW Kodok Cabrio

Saat ini sekitar 50.000 VW Kodok tercatat digunakan sehari-hari di Jerman. Demikian keterangan badan lisensi kendaraan bermotor Jerman. Model yang baru juga tampak di jalan-jalan. Sementara sejarah pembuatan mobil ini dimulai tahun 1930-an, ketika NAZI berniat membuat mobil rakyat (Volkswagen) yang bisa dibeli masyarakat luas. 


 
75 Jahre Volkswagen 40. Jahrestag 1976 

Mulai Terkenal 1950-an

Walaupun mulai diproduksi tahun 1930-an, VW Kodok baru menerobos pasar di tahun 1950-an. 25 November 1976, para tokoh VW bertemu untuk memperingati ulang tahun pabrik Volkswagen di Wolfsburg, dan berfoto di samping VW Kodok proto tipe 3 dari tahun 1948. 


 
Deutschland Auto VW Käfer 

VW Kodok Tipe 1 Produksi 1953

Ferdinand Porsche sudah mulai mengembangkan VW Kodok di tahun 30-an. Tapi sejarah kesuksesan mobil ini baru dimulai tahun 1950-an. Dalam waktu singkat VW Kodok jadi lambang kualitas produk Jerman dan kemajuan ekonomi. Karena sangat bisa diandalkan dan jarang bermasalah, mobil ini jadi produk ekspor paling terkenal.


 
Deutschland Auto VW Käfer 

Tidak Mudah Rusak

Puncak pengembangan VW kodok di Jerman tercapai Agustus 1970, tepatnya dengan publikasi model 1302. 17 Februari 1972, sebuah model 1302 S dengan warna metalik biru turun ke jalan-jalan Jerman. Mobil ini mengalahkan Ford Modell T yang disebut Tin Lizzy, sebagai mobil yang paling banyak dibeli di dunia saat itu.


 
Hochzeitskäfer VW-Automuseum in Wolfsburg 

VW Kodok dari Meksiko

sejak 1964 VW Kodok diproduksi di Meksiko. 1981 mobil ke-20 juta diproduksi di sana. 2003 produksi di Meksiko dihentikan akibat tingginya pencurian dan ketatnya peraturan polusi asap kendaraan. Foto: VW yang memiliki karoseri spesial dan disebut "Hochzeitskäfer" (VW Kodok pernikahan) dipamerkan di museum VW di Wolfsburg. Mobil ini dulunya digunakan pegawai VW Meksiko pada hari pernikahan mereka.


 
Bildergalerie Brasilien 60 Jahre VW 

VW Fusca: VW Kodok Produksi Brasil

Nama resmi di Brasil: VW Fusca. Mobil ini diekspor ke Brasil mulai 1950-an. Ketika pemerintah Brasil menetapkan peraturan impor yang ketat tahun 1957, VW mulai memproduksi mobil di São Bernardo do Campo tahun 1959. Sesuai undang-undang, mobil yang diproduksi di Brasil, 54% bagiannya harus menggunakan bahan dari Brasil. Foto: VW Kodok yang terakhir diproduksi di Brasil.


 
Ägypten VW Käfer 

VW Kodok di Kairo

Penggemar VW Kodok atau VW Käfer bisa ditemukan di berbagai negara. Mereka memiliki fan club dan mengadakan acara-acara serta pertemuan secara teratur. Misalnya di Kairo, Mesir. Foto: Sederetan VW Kodok tua yang dipamerkan di Kairo.


 
Bildergalerie VW Käfer Iran 

Punya Penggemar di Iran

Walaupun produksi VW Kodok sudah lama dihentikan, pencinta mobil ini masih ada di antara para penggemar mobil. Demikian halnya di Iran. Pencinta VW Kodok di Iran mendirikan klub VW pertama di kawasan Timur Tengah. Mereka bertemu secara teratur dan saling menukar pengalaman.


 
USA Deutschland Auto Detroit 2014 VW Beetle Dune  

VW Beetle Dune

VW Kodok jenis terbaru ini dipamerkan pertama kali awal 2014. Bulan Juli VW mengumumkan, Beetle Dune akan diproduksi dalam seri. 2016 produksi pertama akan dilemparkan ke pasaran. VW akan mengeluarkan model dengan atap transparan, dan model cabrio.




____________________

Sumber : http://www.dw.de/vw-kodok-bertahan-di-jalanan/g-17824174





60 Tahun Volkswagen di Brasil





Kilas balik kisah sukses perusahaan otomotif Volkswagen atau VW di Brasil dalam gambar.




Awalnya Kecil

Pada 23 Maret 1953, 12 pekerja memulai tugasnya di pabrik São Paulo. 1953 sampai 1957 mereka merakit VW Kodok dan VW Kombi dalam gudang kecil. Onderdilnya sebagian besar berasal dari Jerman. Itu bagian pertama dari 20 juta mobil, "Volkswagen do Brasil" yang berhasil diproduksi selama 60 tahun kemudian.


 
VW Bus von 1976 

Pabrik Perdana

Pertengahan 1950-an di Jerman terjadi booming ekonomi dan di Brasil industrialisasi. Tahun 1956 VW membangun pabrik mobil pertamanya di luar Jerman, yakni di Sao Paulo. Tahun-tahun selanjutnya "VW Kombi" pertama dilincurkan dari pabrik. Di Jerman dikenal VW bus ini dengan nama "Bulli." Separuh sukucadangnya dibuat di Brasil.


 
Zweites brasilianisches VW-Werk  

Tembus Satu Juta

1970 "VW do Brasil" mulai mengekspor ke negara Amerika Latin lainnya. Masih pada tahun yang sama, VW Brasil menembus rekor produksi keseluruhan 1 juta. Dua tahun kemudian dirayakan VW kodok ke 1 juta. Sudah matang waktunya untuk membangun pabrik kedua di Brasil, yang diresmikan tahun 1976 juga di kota São Paulo.


 
Der letzte in Brasilien hergestellt Käfer 

Pahlawan Nasional VW Kodok

Lebih dari tiga juta VW Kodok diproduksi di Brasil. Juga salah satu model VW paling sukses sepanjang masa. Model VW ini begitu digemari sehingga para pecintanya kemudian sampai menetapkan "hari raya" tidak resmi untuk itu. VW Kodok terakhir buatan pabrik Brasil dilansir 1986. Kini mobil itu berada di Museum Volkswagen di Wolfsburg.


 
Relaunch des Käfers im Jahr 1993 mit Präsident Itamar Franco 

Reinkarnasi untuk Waktu Singkat

1993 VW Kodok di Brasil mengalami kebangkitan singkat. Atas usulan Presiden Itamar Franco, pabrik VW di Brasil pada tahun 1993 sekali lagi memproduksinya. Tapi waktu sudah berubah. Tipe yang dijuluki "Porsche bulat" itu tidak mampu lagi bersaing dengan model-model baru. 1996 model itu benar-benar menghilang dari program.


 
Fliessband des VW-Busses in São Bernardo do Campo 

Bye, Bye VW Kombi

Nasib yang sama akhir 2013 juga mengancam VW Kombil. Tanpa sistem ABS dan Airbags model itu tidak lagi memenuhi tuntutan keamanan aktual. Tapi sampai ia menghilang dari jalanan di Brasil, masih akan butuh waktu beberapa tahun. Sampai 2011 di Brasil seluruhnya diproduksi 1,5 juta Bulli alias VW Kombi.


 
Klassische Modelle von VW do Brasil 

VW Model Klasik

Selama perjalanan sejarah perusahaan di Brasil, Volkswagen juga menciptakan berbagai jenis model yang hanya dijual di sana dan di Amerika Latin. Model VW pertama yang seluruhnya dirancang dan diproduksi di Brasil adalah "Brasilia" dan diluncurkan tahun 1973 (gambar depan kedua dari kiri).


 
Bildergalerie Autos der VW do Brasil 

Lahirnya Sebuah Bintang

Model mobil yang paling sukses diluncurkan oleh "Volkswagen do Brasil" adalah Gol yang dilansir tahun 1980. Sebuah mobil kecil yang khusus dikembangkan untuk Amerika Latin.


 
Bildergalerie Autos der VW do Brasil 

Nomor Satu Abadi

Sejak modernisasi pertama Gol sebenarnya mirip dengan VW Golf, tapi jauh lebih kecil. 1987 ia menempati ranking puncak penjualan mobil di Brasil, dan sampai kini tidak pernah tersaingi. 2012 jumlah produksinya menembus angka 7 juta.


 
Passat und Soldaten in Bagdad 

Kendaraan Gurun dari Brasil

Tidak hanya di Amerika Latin VW merayakan suksesnya. Sampai kini VW Passat buatan pabrik di Brasil masih tampak menyusuri jalan-jalan di Irak. Total 170 ribu model ini diekspor ke negara itu antara 1983-1988. Di Irak mobil itu disebut "Brazili" karena di kaca belakang ditempeli stiker "Made in Brazil".



 
Ein VW Santana von 1984 

Upaya Bersama Autolatina

Akhir 1980-an Brasil terpuruk dalam inflasi. Bisnis mobil macet. Dalam kondisi darurat VW dan Ford melakukan fusi menjadi "Autolatina". Hasilnya adalah Ford Versailles, yang merupakan varian lain dari VW Santana. Setelah kondisi pasar kembali tenang, kedua perusahaan itu berpisah kembali 1994.


 
VW-Motorenwerk  

Lebih Banyak Mesin

Pabrik VW ketiga dibuka 1996. Sebuah pabrik mesin. Tiga tahun kemudian diikuti pabrik berikutnya. Dengan jumlah total pekerja 24.000 dan lima pabrik, Volkswagen tidak hanya merk mobil paling terkenal di Brasil, tapi juga perusahaan otomotif dengan pekerja terbesar kedua di Brasil setelah General Motors.


 
Fahrzeug, das mit Alkohol und Benzin vollgetankt wird 

Pionir Teknik

"Volkswagen do Brasil" tidak hanya mengembangkan model sendiri, tapi juga pengembangan teknologi yang mendorong pasar di sana. 2003 pabrik cabang VW adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan "Flex-Fuel-Modell". Sebuah mobil yang mesinnya digerakkan bahan bakar alkohol, bensin biasa atau campuran dari kedua bahan bakar itu.


 
Kleines Wasserkraftwerk von VW  

Unggul dengan Energi Air

Di tahun-tahun mendatang VW akan menaman investasi miliaran untuk produk-produk baru dan pabriknya di Brasil. Termasuk juga PLTA kecil kedua untuk memproduksi listrik. PLTA pertama dioperasikan tahun 2010. Bersama-sama kedua instalasi itu diharapkan menutup 40 persen kebutuhan energi "VW do Brasil".


 
Der Neue Beetle 

Model Abadi

Setelah Cina, Brasil adalah pasar terbesar bagi Volkswagen. Tahun 2012 saja "VW do Brasil" menjual 768.395 unit mobil dan memproduksi 852.086 unit. Dengan demikian VW adalah produsen dan eksportir otomotif terbesar negara itu. Tahun 2013 VW mulai dengan menampilkan cucu dari kenalan lama. Novo Fusca bukanlan VW Beetle baru melainkan VW Kodok baru.




____________________

Sumber : http://www.dw.de/60-tahun-volkswagen-di-brasil/g-16693400

Tidak ada komentar:

Posting Komentar