Minggu, 29 September 2013

(Puisi Tamu) - Wacana Menerima Karya Puisi

Puisi Tamu







Wacana Menerima Karya Puisi





Semakin semaraknya dunia sastra internet (cybersastra) yang semakin berkembang pesat dan antusias, maka saya pribadi sebagai pencinta dan penikmat sastra menyambut dengan senang hati dunia sastra yang sudah menjadi semakin dicintai oleh masyarakat dunia, ditengah-tengah kesulitan dunia yang semakin mencintai dirinya sendiri dengan segala keegoisannya.

Tentu kita semua tahu kegunaan serta manfaat sastra dalam masyarakat modern saat ini, yaitu membangun suatu sikap mental dalam masyarakat international untuk semakin mencintai kehidupan secara bermartabat, serta menjadi pelaku yang positif dalam kehidupan sehari-harinya.

Kegiatan sastra merupakan salah satu pendidikan informal yang masyarakat pencinta sastra bisa lakukan dan menyebarluaskannya demi manfaat sebesar-besarnya. Untuk itu melalui blog sastra ini, saya membuka kegiatan literasi ini melalui salah satu sisi sastra yang paling populer, adalah puisi.

Mengapa puisi ? Menurut hemat saya puisi adalah yang paling sederhana dan populer, karena sebagian besar manusia menyukai dan menikmati puisi. Puisi adalah bahasa yang paling santun yang diciptakan oleh Allah melalui Kitab-Kitabnya. Dia mengajarkan bahasa yang indah, puitis, dan religius kepada manusia.

Seperti itulah kita mengenal puisi awalnya, untuk itu masyarakat sastra dunia patut untuk melestarikan hal ini melalui berbagai cara yang positif dan bermartabat, serta menjaga nilai kualitasnya agar lebih bermanfaat serta memiliki kekuatan dalam hidup ini.

Saya merasa terpanggil, untuk itu, tentu saja memalui upaya sederhana ini, saya mengundang pencinta sastra, pegiat sastra, penyuka sastra, penikmat sastra di mana saja untuk berbagi idea-idea puisi yang bermutu untuk kehidupan kita sebagai manusia yang cerdas dan santun.

Untuk sementara waktu saya menyediakan halaman khusus atau rubrik/kolom yang saya beri nama : Puisi Tamu sebagai tempat berkarya, tentu saja sebagai admin saya bertanggung jawab untuk menyeleksi dan meminta penjelasan puisi-puisi yang sulit dimengerti yang menurut hemat saya bermanfaat serta memenuhi persyaratan puisi pada umumnya.

Karya-karya yang lolos seleksi akan saya posting setiap minggunya dan bisa saja Puisi Tamu tersebut terdiri dari beberapa puisi atau tunggal tergantung dari keadaan dan seberapa banyak puisi yang terkirim nantinya.

Puisi yang terposting dan terseleksi akan saya beri catatan pribadi saya, dan akan saya sebar luaskan melalui blog ini dan Facebook serta halaman puisi Info For Us dan Pages Info For Us, di mana saya bisa menjangkaunya dan juga ke group puisi Puisi Bait Kata Suara (PBKS) di jaringan Facebook di mana saya menjadi salah satu admin group serta profil sastra yang dilimiki oleh jaringan PBKS.

Untuk sementara waktu saya sebagai admin belum mampu untuk memberikan jasa berupa uang, dan saya sedang memikirkan tentang hal ini dan meningkatkan penghargaan yang layak bagi pegiat sastra yang puisinya diterbitkan.

Tentu saja saya berpikir bahwa nilai suatu karya sastra tidak terukur dengan nilai nominal uang kertas, akan saya pikirkan dengan serius tentang hal ini nantinya.

Demikianlah perihal wacana ini saya gelontorkan dalam blog pribadi ini, semoga kiranya sastra kita akan semakin maju serta berwawasan, semoga saja!



"Blog Sastra ini menerima karya-karya puisi (Puisi Tamu), silahkan mengirimkan ke redaksi sastra di : sonny14sayangbati@gmail.com atau sonny_sayangbati@yahoo.com"








Jakarta, 29 September 2013



Sonny H. Sayangbati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar