Jumat, 27 Juni 2014

(Cerita Penjuru Dunia) - Perang Korea: Awal Perpecahan Korea




Perang Korea: Awal Perpecahan Korea




Sebagai sebuah wilayah yang memiliki sejarah panjang serta kebudayaan dan bahasa yang berdiri sendiri, perjalanan Korea sebagai sebuah negara berulangkali mengalami penderitaan yang seringkali  diakibatkan oleh intervensi tetang-tetangganya. Seperti yang tertera dalam sejarah dunia, Kekaisaran China selama beratus tahun menjadikan Korea sebagai salah satu kerajaan jajahan, sehingga terjadilah perang besar antara Republik Rakyat China dan Kekaisaran Jepang pada tahun 1894-1895 untuk memperebutkan Semenanjung Korea yang berhasil dimenanangkan oleh Jepang.

Selain konflik yang telah disebutkan di atas, masih tercatat beberapa konflik yang kerap kali terjadi untuk memperebutkan Semenanjung Korea. Perebutan wilayah ini terjadi sebagai konsekuensi yang dibawa oleh posisi strategis semenanjung Korea bagi negara-negara besar dalam upayanya mengawasi kawasan Asia Tenggara.

Sejarah mencatat bagaimana darah tumpah di bumi Korea bukan disebabkan oleh usaha melawan penjajah ataupun mempertahankan wilayah. Perang Saudara yang begitu panjang dan berlarut-larut dimulai pada 25 Juni 1950. Konflik ini bermula ketika perundingan antara negara Sekutu setelah Perang Dunia 2 selesai. Pada saat itu, Amerika Serikat diserahi tanggung jawab untuk mengawal penarikan pasukan Jepang dari Korea bagian selatan dan Uni Soviet mendapat jatah untuk mengawal bagian utara.

Tidak lama setelah proses penarikan pasukan Jepang selesai, tanpa diduga, dunia melihat kedua negara adidaya tersebut berseteru. Atas nama ideologi masing-masing, mereka salng adu wibawa dalam upaya meraih pucuk pimpinan dunia. Meski perseteruan itu tidak berlangsung secara terbuka, namun perang antara kedua ideologi tersebut terjadi di wilayah lain. bisa disebutkan seperti Perang Vietnam dan Perang Korea.

Kini, kita melihat Korea telah bangkit dari keterpurukannya, meskipun perang memisahkan Korea menjadi 2 bagian. 2 bagian yang tidak pernah akur dan selalu bersitegang. 2 bagian dengan sejarah, darah, dan orang yang dulunya adalah satu kesatuan. Dan perang menampakkan wajahnya yang paling kejam.



(*)
Agus A. Pribadi




____________________

Sumber : http://jogjareview.net/hariinidalamsejarah/perang-korea-awal-perpecahan-korea/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar