Sabtu, 24 Januari 2015

(Serba-Serbi) - 6 Kebutuhan Dasar Manusia untuk Merasa Bahagia


6 Kebutuhan Dasar Manusia untuk Merasa Bahagia




Kebahagiaan adalah hal berharga yang didambakan oleh setiap orang. Ketika pemberitaan-pemberitaan negatif bermunculan, kebahagiaan seolah menjadi sesuatu yang langka. Tapi tahukah kamu bahwa ada enam kebutuhan dasar bagi manusia agar bisa merasa bahagia. Tony Robins, motivational speaker asal Amerika Serikat menemukan enam kebutuhan dasar tersebut. Kebutuhan dasar ini berlaku secara umum di segala zaman dan implementasinya bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Apa saja kebutuhan dasar tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Kepastian

 




Sesuatu yang tidak pasti seringkali membuat manusia menjadi khawatir. Misalnya, khawatir tidak diterima di universitas idaman, kita menjadi khawatir dan gelisah terus menerus. Faktanya, kepastian yang absolut itu hanya dari Tuhan YME. Lalu, bagaimana cara agar bisa mendapatkan kepastian? Ya, dengan berusaha. Kita harus bisa realistis dalam keadaan yang tidak pasti itu. Ibarat kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Kalau mau diterima di universitas impian, ya harus mau belajar lebih giat dari biasanya.

2. Keberagaman

 




Beda itu baik…

Manusia sangat mudah dihampiri rasa bosan. Bahkan untuk hal-hal yang menyenangkan sekalipun, manusia bisa merasa bosan. Maka dari itu, manusia selalu membutuhkan sesuatu yang baru/sesuatu yang beragam. Sesuatu yang baru itu bisa berupa kegiatan-kegiatan yang belum pernah sama sekali dilakukan. Misalnya, mencoba mengunjungi tempat wisata baru yang masih jarang dikunjungi oleh orang-orang bisa menjadi hal yang menyenangkan.

3. Signifikan

 


Temukan keahlianmu dan jadilah juara dalam hal itu!

Signifikan yang dimaksud dalam hal ini adalah kebutuhan dasar untuk merasa unik dan penting. Dalam diri manusia, ada semacam keinginan untuk dianggap penting dan berharga. Bagaimana untuk mendapatkannya? You have to be very good at something. Setiap manusia pasti memilki kekuatannya masing-masing. Temukan kekuatanmu dan asah terus menerus dan jangan malu untuk menunjukkannya pada dunia. Cepat atau lambat, the world will notice you!

4. Hubungan

 



Berhubunganlah dengan manusia, karena itulah kodratmu…

Sesuai dengan kodratnya, manusia adalah makhluk sosial. Seberapapun introvert-nya seseorang, ia pasti membutuhkan seorang teman. Bagaimana caranya agar mendapatkan hubungan yang baik? Be a good friend! Menjadi teman yang baik bisa sangat mudah bila kita tulus dan jujur. Tulus dan jujur menjadi teman akan menemukanmu pada orang yang tulus dan jujur juga. Apa yang kamu lakukan, akan kembali padamu.

5. Perkembangan

 




Perkembangan, selambat apapun, adalah perkembangan…

Semalas-malasnya seseorang, jauh di dalam lubuk hatinya pasti ia juga ingin ada perkembangan pada dirinya. Seseorang menginginkan kualitas hidupnya naik. Seperti sifat manusia pada umumnya, tidak mudah puas terhadap sesuatu. Selalu ingin yang lebih dan lebih. Agar kualitas hidup kita naik, coba terapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ini akan memberikanmu semangat untuk menjalani hari-hari dengan usaha meraih mimpi.

 

6. Kontribusi

 




Bukankah berbagi dengan sesama itu menyenangkan?

Percaya atau tidak, selalu ada kepuasan tersendiri ketika kita mampu berbagi terhadap sesama. Saat kita telah memberikan kontribusi kita terhadap sesuatu, kita menjadi merasa keberadaan kita di dunia ini berarti. Untuk dapat menjadi seorang kontributor yang baik tidak perlu sesuatu yang muluk-muluk. Cukup berikan saja apa yang kamu punya dan apa yang kamu bisa. Tenaga, waktu, informasi, dan skill bisa menjadi pilihan yang sederhana untuk berbagi.

Bahagia adalah soal keputusan. Keputusan untuk melakukan sesautu. Keputusan untuk berbuat baik dan berguna untuk merasa lebih bahagia.

Sumber: Majalah Gogirl! edisi 114




_____________________

Sumber : http://www.isigood.com/2015/01/24/6-kebutuhan-dasar-manusia-untuk-merasa-bahagia/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar